Selasa, 19 Januari 2016

Tugas UAS Business Plan

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
BUSINESS PLAN
KUE KERING
TOKO KUE “LEZATOS”



UNIVERSITAS ESA UNGGUL

Dibuat Oleh :
Fina Rizky Amelia
2013-12-101


Dosen : Andi Hidayat Muhmin


Fakultas Ekonomi



BAB I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Pada saat ini tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh dunia usaha semakin besar. Salah satunya kegiatan yang pesat perkembangannya adalah kegiatan jual-beli (dagang). Khususnya dalam bidang usaha makanan. Persaingan terjadi semakin ketat hal ini ditandai dengan banyaknya usaha dagang yang menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Salah satu bentuk usaha dagang yang masih bertahan di tengah persaingan usaha dagang yakni usaha dalam penjualan makanan khususnya kue basah atau kue kering.
Usaha ini bermula dari keinginan kami untuk menjadi seorang pengusaha dan mempunyai pendapatan pribadi. Selain itu kami juga menyukai makanan-makanan yang akan kami juga menyukai makanan-makanan yang akan kami produksi. Sehingga jika kami membuat makanan tersebut kami bisa membuat selera yang kami inginkan dan juga bisa memperkecil pengeluaran. Makanan-makanan yang akan kami produksi ini sudah tidak asing bagi masyarakat umum sehingga memudahkan kami untuk mempromosikan atau mengenalkan produk kami kepada masyarakat.
Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa kue kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya dan acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika melihat sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering itu sebagai usaha yang musiman. Karena sifatnya musiman maka usaha kue kering tidak dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya. Bukan rahasia lagi, jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya besar. Tetapi jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang usaha yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat dijalankan setiap hari. Dengan adanya kreatifitas dari kita maka usaha yang akan kita kembangkan tidak akan sia-sia dan terus maju mengikuti perkembangan zaman.



BAB II
Business Plan
A.    Visi dan Misi
a.      Visi
Menciptakan usaha sampingan terbaik dan membentuk jiwa kemandirian.
b.      Misi
·         Memberikan kemudahan dan melayani kebutuhan kue kering.
·         Menciptakan lapangan pekerjaan.
·         Membangun semangat enterpreneur / berwirausaha.
·         Terbentuknya usaha sampingan terbaik yang mengedepankan pelayanan, kenikmatan dan keberkahan.

B.     Identifikasi Usaha
·         Nama Usaha    : Toko Kue Lezatos
·         Pemilik Usaha : Fina Rizky Amelia
·         Alamat Usaha : Jakarta

C.    Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di jual di daerah jakarta namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati produk kue kering ini terutama pada saat hari raya lebaran, natal maupun imlek.

BAB III
Analisis Usaha
A.    Analisis Usaha
Usaha kami bergerak dalam bidang pembuatan kue kering karena saya termasuk orang yang senang dalam membuat kue apalagi kue kering yang kami buat merupakan kue yang berbahan jahe, karena di Indonesia tanaman jahe bisa kita jumpai dengan mudah dan jahe juga mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh, jadi kami sepakat untuk mengelola jahe sebagai bahan bakunya biskuit jahe lapis coklat. Ditoko kami tidak hanya menyediakan biskuit jahe saja tetapi juga banyak terdapat varian kue kering dan kue basah yang kami sediakan.
Awal dibentuknya usaha ini karena kami dapat melihat minat masyarakat akan kue kering dengan harga terjangkau.

B.     Keistimewaan Produk
1)      Tempat produksinya yang bersih dan higenis.
2)      Banyaknya varian produk kue dan rasa yang disajikan.
3)      Harga relatif terjangkau oleh semua kalangan baik kalangan atas ataupun kalangan menengah.

BAB IV
Deskripsi Tentang Usaha
A.    Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual kue kering dan kue basah yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan berbagai jenis, diantaranya yaitu :
1)      Kue Nastar
2)      Kue Jahe Lapis Coklat
3)      Kue Kastengel Keju
4)      Kue Kacang
5)      Kue Putri Salju
6)      Kue Coklat
7)      Kue Kering Brownis

B.     Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk kue kering ini, dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan. Dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus atau juru masak. Akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, ulet sabar dan kerja keras.
 BAB V
Rencana Produksi
            Bahan yang dibutuhkan bahan dasar
            Bahan baku :
Ø  200 gr Mentega
Ø  150 gr Gula halus
Ø  ½ sdt Vanili bubuk
Ø  1 Kuning telur
Ø  1 sdm jahe parut bahan ayak
Ø  300 gr tepung terigu protein sedang bahan cokelat oles
Ø  200 gr dark cooking coklat, lelehkan
Ø  1 sdt mentega tawar
Ø  75 ml susu cream
            Cara produksi
·         Kocok mentega, gula halus, vanilli bubuk, kuning telur dan jahe parut hingga lembut. Lalu masukan tepung terigu, kemudian aduk rata.
·         Masukan adonan kedalam kantong semprot segitiga, beri cetakan bintang di ujungnya sempritkan bentuk bunga
·         Panggang dalam oven bersuhu 1300 celcius hingga matang kuning kecoklatan kurang lebih 25 menit, lalu angkat
·         Dinginkan. Oles bagian bawah kue dengan cokelat oles lalu gabungkan dengan kue yang lain.
·         Segera masukan kedalam toples mika plastik


BAB VI
Rencana Pemasaran
A.    Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.      Strength (Kekuatan)
Kekuatan produk kue kering ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha kue kering ini yaitu penjualan kue kering dari bahan dasar jahe masih jarang sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan usaha kue kering yang lainnya yaitu rasa yang bervariasi serta harga yang cukup terjangkau.
2.      Weakness (Kelemahan)
Produknya mudah ditiru, pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap tahunnya selalu berganti.
3.      Oppurtunity (Peluang)
Selain rasa yang enak dan hargannya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya yang berminat memesan kue di toko kami.
4.      Threath (Ancaman)
Banyaknya saingan yang namanya sudah lebih melambung, modal yang selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah menyebabkan harga berubah dan perubahan selera konsumen.

B.     Analisis 4P
1)      Product
Brand              : Toko Kue Kering Lezatos
Quality                        : Tanpa bahan pengawet
Packing           : Toples mika plastik
2)      Price
Untuk harga awal, kue kering di jual langsung kepada konsumen dengan harga Rp.10.000 / Toples.
3)      Promotion
Ø  Personal selling : Pemasaran awal produk kami melalui kantin sekolah, kantin kantor, supermarket kemudian terus berkembang.
Ø  Media Online : memasarkan produk melalui instagram, path, twitter dan media online lainnya.
Ø  Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara memberikan bonus kepada para pembeli yang membeli di atas harga Rp. 100.000,-
4)      Place
Tempat yang dipilih yaitu dirumah sendiri, tepatnya di pinggir jalan raya dan dekat sekolah karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat (konsumen).

C.    Target dan Segmentasi Pasar
1.      Geografi
Wilayah yang kami jadikan target yaitu wilayah jabodetabek, alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan dan terjangkau bila untuk pembelanjaan online atau bisa di ambil langsung di tempat.
2.      Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami setuju pada kalangan siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar perumahan dan di pinggiran jalan dengan membuka toko kue kering untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.

D.    Strategi Pemasaran
a)      Perkenalkan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi dan menyehatkan dengan harga yang terjangkau dengan bentuk dan jenis kue yang bermacem-macem. Produk ini bernama “Biskuit Jahe Lapis Coklat” yaitu kue kering yang bahan dasarnya menggunakan jahe dan dilapisi oleh coklat. Selain biskuit jahe lapis coklat, toko kami juga menyediakan berbagai macam kue kering yang enak.

b)      Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk kue kering berbahan baku seperti terigu, telur, mentega, baking powder, garam, gula pasir dan coklat. Oleh karena itu biskuit jahe lapis coklat berniat bekerja sama pada perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk kue kering demi meningkatkan kualitas produk.

c)      Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan Toko kami menyediakan berbagai macam kue kering
Produk kue kering kali ini yang pertama yaitu kue kering dengan bahan dasar jahe dengan lapisan coklat dan rasa yang dapat di sesuaikan dengan selera.

d)     Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website atau akun untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Toko Kue Lezatos

e)      Media Pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalu media sosial seperti instagram, path, twitter, face to face serta media lainnya.

 BAB VII
Rencana Permodalan
A.    Biaya Awal


Toko Kue "Lezatos"
Biaya Variabel (Variabel Cost) / Pengeluaran Sehari
No
Keterangan
Satuan
Banyaknya
Harga/Satuan
Jumlah
1
Tepung Terigu
kg
5
 Rp          8.000
 Rp          40.000
2
Telur
Butir
25
 Rp          1.500
 Rp          37.500
3
Vanili
Botol
3
 Rp          5.000
 Rp          15.000
4
Dark Cooking Chocolate
Kg
10
 Rp        25.000
 Rp        250.000
5
Mentega
Kg
3
 Rp        10.000
 Rp          30.000
6
Jahe
Kg
2
 Rp          5.000
 Rp          10.000
7
Gula
Kg
5
 Rp        15.000
 Rp          75.000
8
Mentega Tawar
Pack
3
 Rp          8.000
 Rp          24.000
9
Susu
pack
4
 Rp        10.000
 Rp          40.000
10
Gas

1
 Rp        18.000
 Rp          18.000
11
Toples Mika Kecil
Lusin
2
 Rp        45.000
 Rp          90.000
Total Biaya Variabel
 Rp        629.500 


Toko Kue "Lezatos"
Biaya Tetap (Fixed Cost) / Modal Awal
No
Keterangan
Satuan
Banyaknya
Harga/Satuan
Jumlah
1
Etalase

1
 Rp  3.000.000
 Rp    3.000.000
2
Kompor Gas
Unit
1
 Rp     500.000
 Rp        500.000
3
Tabung Gas
Unit
1
 Rp     150.000
 Rp        150.000
4
Regulator & Selang
Buah
1
 Rp        80.000
 Rp          80.000
5
Mixer
Buah
1
 Rp  2.000.000
 Rp    2.000.000
6
Timbangan Kue
Buah
1
 Rp     500.000
 Rp        500.000
7
Oven
Buah
1
 Rp  2.000.000
 Rp    2.000.000
8
Loyang
Buah
1
 Rp        30.000
 Rp          30.000
9
Cetakan Bentuk Bintang / Bulan
Buah
2
 Rp          5.000
 Rp          10.000
10
Kantong Semprot Segitiga
Lembar
2
 Rp        10.000
 Rp          20.000
11
Lap Tangan
Buah
1
 Rp          7.500
 Rp             7.500
12
Gelas Takar
Buah
1
 Rp        20.000
 Rp          20.000
13
Sendok
Lusin
1
 Rp        20.000
 Rp          20.000
14
Baskom
Buah
1
 Rp        15.000
 Rp          15.000
15
Air + Listrik


 Rp     150.000
 Rp    1.000.000
16
Biaya Gaji

3
 Rp  1.000.000
 Rp    3.000.000
Total Biaya Tetap
 Rp  12.352.500


 A.    Harga Per unit
Harga jual 1 toples kue kering Rp.10.000,-
Target penjualan kue kering per hari adalah toples.

B.     Modal Awal
Total biaya awal = Rp. 629.500 + Rp. 12.352.500 = Rp. 12.982.000,-

C.    Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut adalah rinciannya :
-          Pendapatan Harian      = Rp. 10.000 x 15 Toples = Rp. 150.000,-
-          Pendapatan Bulanan   = Rp. 150.000 x 30 Hari = Rp. 4.500.000,-
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka :
Pendapatan yang akan di capai = Rp. 4.500.00 ,- x 12 = Rp. 54.000.000 ,-
Dan dengan biaya produksi = Rp. 629.500,- x 12 = Rp. 7.554.000,-
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun adalah
Rp.54.000.000 – Rp. 7.544.000 = Rp. 46.456.000,-
D.    Pengembalian Modal
Total modal awal : Keuntungan perbulan
Rp. 12.982.000 : Rp. 4.500.000 = 2 Bulan 7 Hari



BAB VIII
Resiko
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang di peroleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk.

BAB IX
Penutup
A.    Kesimpulan
Usaha kue kering ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang bisnis yang menjanjikan memperoleh keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam rasa dan bentuk yang dapat disesuaikan dengan selera konsumen. Namun semua itu juga harus di sertai dengan kemampuan membaca peluang yang baik dan management yang baik dan yakinkan bahwa bisnis apapun yang anda lakukan dapat bersaing dan berkembang sesuai dengan harapan.

B.     Saran
Agar tidak menimbulkan kegagalan usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha berkembang dengan cepat serta tetap menjaga kualitas dan kreatifitas untuk menarik perhatian para konsumen untuk membeli produk tersebut.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar